#NoComplaintWeek Season 2 – Day 1

Yihhaaaa, dan hari pertama #NoComplaintWeek Season 2Β pun dimulai!

Pagi2, seperti biasa cobaan dateng dari…..BB. Akhir2 ini, hanya di daerah tempat gw tinggal, BB suka restart sendiri kalo pagi (gw curiga ada glitch yang berhubungan dengan sinyal). Restartnya pasti pas lagi asik2nya liat Twitter/bbm-an. Biasanya reaksi spontan adalah: kampret! Tapi kali ini cuma menghela napas aja. Bersyukur masih punya BB….

Perjalanan ke kantor tumben gak terlalu macet. Biasanya sumber godaan paling banyak emang dari jalan sih. Tapi pagi ini lumayan lancar. Syukurlah.. πŸ˜€

Jadi sampe siang ini, gw pribadi belum banyak tantangan berat sih. Eh tapi justru yg ‘kecil2’ itu justru yang lebih bahaya sih, “kampret2” kecil yang sering keucap tanpa sadar….

Menjelang sore, baru nyadar ada jadwal interview orang malem2 jam 7. Dalam hati jujur udah mau kepikir “Aduh, gw kan capek…” Tapi ya udah, dijalanin ajah. Udah bagus masih punya pekerjaan, dan justru dalam posisi menawarkan pekerjaan. πŸ™‚

Begitu masuk mobil, terus indera penciuman menyadari bahwa pak supir kayaknya baru aja kentut. Waduh, cobaan beraaaattt!! Yah gw cuma pasrah aja, dan mencoba mengalihkan perhatian dengan update blog ini… (Sambil separuh menahan nafas…).

Rupanya cobaan gw datengnya menjelang sore/malam πŸ™‚

Sedikit catatan tentang “mengeluh”:

Gw seneng baca buku/artikel sains, khususnya yang berhubungan dengan perilaku dan otak manusia. Nah, umumnya kita sudah tahu bahwa “perasaan mempengaruhi ekspresi”, betul? Kalau kita happy ya kita senyum, dan kalau kita lagi bete ya muka kita kelipet. Nah, secara mengejutkan, ada studi yang menunjukkan kemungkinan bahwa pengaruh itu bisa “dibalik”, menjadi “ekspresi mempengaruhi perasaan”. Bego2nya, memaksakan diri untuk tersenyum juga bisa bikin perasaan (sedikit) senang.

Studi ini meneliti para pengguna botox. Mungkin temen2 tau, orang kalo baru disuntik botox susah menggerakkan otot wajah. Temuannya adalah, para pengguna botox yang kesulitan mengerutkan kening cenderung merasa lebih happy (dan ini BUKAN karena merasa lebih cantik – hal ini sudah diperhitungkan peneliti). Bahkan, di studi terpisah, para pengguna botox ini dimasukin mesin MRI untuk merekam aktivitas otak, dan hasilnya aktivitas di bagian otak untuk emosiΒ lebih rendah.Β Hipotesanya: karena secara fisik mereka tidak bisa mengerutkan kening (frowning), maka mereka juga lebihΒ ‘susah’ untuk merasa bete! (Artikel lebih komplit di sini)

Dengan kata lain, tindakan (senyum, mengerutkan kening) mungkin juga bisa mempengaruhi perasaan.

Jadi buat gw #NoComplaintWeek mungkin bisa dihubungkan dengan penelitian di atas.

Biasanya kita kan disuruh untuk menghilangkan pikiran negatif, disuruh jadi orang yang berpikir positif, dll. Tapi semua nasehat itu berfokus di “pikiran”, dan kita tahu pikiran itu susah diatur (yang sadar aja susah diatur, apalagi yang bawah sadar/subconscious). #NoComplaintWeek justru ‘menyerang’ pada tindakannya, yaitu mengeluh-nya. Kita coba mengerem keluhannya, entah lisan maupun tulisan, dan siapa tahu bisa mempengaruhi pikiran juga. Ini bisa jadi eksperimen psikologi yang menarik.

(dan ini lebih murah daripada botox! :D)

PS: Ayo share kisah-kisah Hari Pertama #NoComplaintWeek di sini. Atau share link ke blog kamu!

104 responses

  1. #NoComplaintWeek season 2 day 1

    waktu om piring ngadain #NoComplaintWeek season 1 cuma jd pemerhati, pas tau ada season 2 nya lgsg bertekad buat ikutan, kebetulan emang hbs kena masalah dan lg berusaha memperbaiki diri di semua lini. hari pertama semua lancar2 aja, walopun ikutannya baru pas menjelang siang tp lgsg dijalanin.
    dikantor kerjaan aman2 aja, ada diskusi sama profesor2 dr univ. waseda jepang agak kelabakan ngelengkapin bahan diskusi tp ketika diskusi semua lancar2 aja, malah jd hiburan karna lucu ngeliat mimik dan cara mereka merespon penjelasan kita. sama rekan kerja, berusaha sebaik mgkn wlopun sbenernya keadaannya ga sebaik itu. hehe. pokoknya nebar senyum terus, energi negatif ga diperbolehkan muncul.

    hari pertama rasanya hidup enteng bgt, ga ada beban. beberapa kali dihadapkan sama keadaan yg…. yah klo biasanya pst udh ngeluh tingkat monas, tp bisa dihindari karna komitmen ikutan #NoComplaintWeek cetusannya om piring πŸ™‚
    semoga bisa bertahan seterusnya, karna kepuasannya bukan cm ketika kita bisa menyelesaikan komitmen tp akan terasa lbh ‘sesuatu’ ketika kita bs mentransfer energi positif yg kita miliki utk org lain.

    thanks om piring, bukan cuma bisa nge-garing doang tp bisa bikin sesuatu yg berkaedah buat kita.. cium om piring :*
    (^^,)

  2. Memulai hari dengan kurang tidur karena menyelesaikan desain, harus bangun pagi karena ada meeting pagi dari jam 10.. dan meetingnya ternyata.. non-stop sampe jam 2 siang! Sampe ga sempet makan siang, selesai meeting balik ke kantor dan menyelesaikan beberapa kerjaan. Setelah ga kuat akhirnya memutuskan cari makan πŸ™‚ And here is where I do the trick, I got my favorite menu for meal, and it did help! (menu makannya nasi semur, hahaha, rada ajaib, tapi untung deket apartment ada yang jual makanan rumahan) πŸ˜€

    malamnya, ternyata partner kerja harus pergi ke luar negri karena urusan keluarga sampe akhir bulan, ketika asisten lagi ke luar kota juga.. I’m gonna fly solo through the week. Wish me luck for the week ahead deh πŸ™‚

    But somehow, until now my trick is to catch up with old friend through instant messaging, usually they will come up with a good story that will brighten my day. And do some random kindness, greeting the doorman, giving the security some drink/food, their smile and gratitude always helped me feel grateful about this life.

    Challenge accepted day-1 πŸ˜€

  3. Btw, my #Day1 #NoComplaintWeek berjalan cukup cantik…. walau ada cobaan2 kecil.

    Cobaan 1 : baru juga 2 jam memasuki hari senin. Tepat jam 2 malam, perut mules woles ga karu2an gara2 siangnya lunch pake Ramen Sanpachi lepel 3… Udah mau complaint n maki diri sendiri akibat kebodohan diri makan pedes2 (pdhl dah tau ga kuat pedes). Tp trus inget, seminggu ini ga boleh complaint. Aturan akyu harus bersyukur, masih diberi rejeki utk beli Sanpachi (yg harganya lmyn uhuy itu).

    Cobaan 2 : pulang kerja, as always, terjebak maycet. Ga komplen. Sudah biasa dan dibiasakan. hihihihi. Berhubung blm ketemu β€œpangeran berkuda putih”, jadilah saya tetap β€œberkijang biru” aka mikrolet. Krn ujan, mikrolet jd pengap. Trus tiba2 menyeruaklah bau aroma kaki (hueekkkkks). Ga berani sniff2 takut mlh muntah. Mau complaint sm si pemberi kaki, tp masa tega bgt sih. Jd lebih baik mengurut dada (rata) saja sambil menutup hidung.

    Yes, jadilah #Day1 berjalan lancar (semoga jalanan Jakarta kelak begitu).

    PS: gara2 #NoComplaintWeek, saya jd bikin blog. Biar bsk2 bisa liat “keberhasilan” saya melawan complaint (kl berhasil sih). My blog: http://siscasaritem.wordpress.com/

  4. Senin, 12 Maret 2012

    Setelah membaca program #NoCompaintWeek season 2 yang dicanangkan Henry Manampiring @newsplatter, saya putuskan untuk ikut program ini. Dulu tidak mau ikutan soalnya gak bisa nyinyir dan TL jadi membosankan (juga menyebalkan) zzz…
    Pertama saya pikir ini akan mudah, karena menilai diri jarang mengeluh. Sejauh ini banyak hal yg tidak diambil pusing dan dihadapi dengan tenang.
    Hari pertama dimulai setelah perjalanan dari bandung kemudian tidur malam jam 1.45 dan bangun dengan kelelahan. Hal pertama gw pengen lakukan adalah menggerutu,tapi tidak dilakukan. Ketika akan berangkat kerja, dalam pikiran yang capai, teringat dengan pekerjaan, permasalahan pribadi, hal-hal yang belum tercapai. Saya baru sadar bahwa selama ini gw penuh dengan keluhan. Alam bawah pikiran selalu mengeluhkan banyak hal walau tidak pernah terucap. Cukup mencerahkan ternyata mengikuti program ini.
    Kegiatan selanjutnya adalah mulai olahraga lagi setelah vakum 2 bulan, pada dasarnya saya bukan orang yang suka memaksa fisik sampai limit. Ketika kecapaian ingin sekali mengeluh dan menyerah. Teringat komitmen, tidak boleh mengeluh dan berpikir olahraga is for my own benefit. Akhirnya olahraga diteruskan (terpaksa) dengan senang hati :D.
    Untuk hari pertama, satu hal yang disadari adalah dikira bukan orang yang gampang mengeluh ternyata selama ini selalu mengeluh tanpa disadari, diingatkan dengan menjalani program #NoComplaintWeek, So first lesson learned
    Oke hari pertama sudah dilalui, mari kita lihat #NoComplaintWeek Day 2

    diposting juga di http://ajiwar.tumblr.com/post/19184412725/nocomplaintweek-day1

    Aji Pribada Priatnakusumah

    http//twitter.com/@ajiwar

  5. Hi! Hari pertama #NoComplaintWeek gw cukup seru! Dimulai dengan gw pamer ke tim gw (ada 4 orang), kalo gw ikutan program #NoComplaintWeek, jadi gw ga mau complaint apa2 slama seminggu. Dan bener aja, mereka menyabut dengan suka cita, persis dugaan gw. Bahkan sampe ada yg nyeletuk “kalo ada yg mau cuti dadakan, ini saat yg tepat! Mumpung mba Sari ga bisa complaint nii!” #sesuatu. Trus ada yg mau ikutan, tapi menyalahgunakan maksud dan tujuan, “aku juga mau ikutan ah mba’! Aku slama seminggu ga mau complaint2 ke supplier!”, #sesuatubanget buat gw, masalahnya bagian kerjaan dia itu “complaint management”. Dan bener aja yaa.. Kalo kita bilang2 sama orang2 kalo kita lagi aksi stop complaint, yang ngingetin banyak! Kalo aja ada alarm “teeeet!” Tiap kali gw khilaf, mungkin dah bikin berisik kantor tuh! :p Seneng banget deh! Jadinya FUN! Let’s continue to day 2!

  6. hari pertama, aman terkendali..

    -. aman, gak ada yg berhasil bikin saya ngamuk πŸ˜€
    -. terkendali, even saya “gak sempat” marah-marah sama vendor wedding-invitation sayah yg molor-molor mulu…

    nice,
    #day1 passed… *stempel*

  7. Aaiihh… Bener2 susye yah hari pertama, bang… Pagi2 udah dicoba sama mbak2 yg labil antara mau naek bis dr pintu belakang atau depan, pengen dumel tp akhirnya dikasih senyum aja.
    Siangan dikit dicoba sama temen deket yg entah knp lg ngeselin abis, enak bgt nyuruh2, lempar belanjaan ke meja pdhal lg makan tp akhirnya dia sadar sendiri krn liat senyuman manis akyu & minta maap deh…
    Soree… Kok ya tiba2 liat mantan pacar yg ninggalin 2 bln lalu without saying a word not even break up words or say sorry, pengen nyamperin & maki2 tapi inget lg nahan esmosi akhirnya malah bersyukur dijauhin sama laki kyk gitu…
    Tapi kenapa oh…kenapa… Pertahanan pecah di malam hari gara2 motor ga mau sabar & hampir nyerempet… Jadinya si monkey keluar dr mulut ini… -_-*
    Mudah2an bsk hari kedua lebih sukses… (=Β΄βˆ€ο½€)δΊΊ(Β΄βˆ€ο½€=)

  8. Mari kita mulai #NoComplaintWeek season 2 day 1. Agak panjang nih mas..
    Pagi2 udah pd sama hari senin ini, semua kerjaan penting udah diselesaikan pas weekend.
    Sampe ktr, supervisor suruh aku buat program produksi (1 orang pegang satu blok), wah udah selesai dong.. Pas di ceki2 ada 1 blok yang belom dikerjain sama sekali, nah yang tanggung jawab blok tsb lagi ada di lapangan. Padahal udah di wanti2 slm pergi ke lapangan harus selesai tugas masing2.
    Gonddookkk berat… Secara dia mantunya GM yang baru pula.. Jadi lately makin seenak jidatnya.. Jadi tadi sambil kerjain bagiannya dia cuma bisa tarik napas dalem2 plus ga boleh ngeluhh… Anggep aja pahala..

    Terus.. Pas udah sore nihh.. Detik2 menjelang pulang, manager ku manggil aku.. (info : kerja di china oil comp, yang boss nya import langsung dr china, yg notabene bahasa inggris nya kacaauuu
    Sampelah diruangannya, kirain sihh ada hal penting apaaaa gitu, ga taunya dia nanya ttg tanggal libur di indo apa.. Dia kasih tunjuk kalender yang bahasa indo, jadi aku translate dong.. Awalnya dia ok2 aja.. Sampelahh ke isra miraj dan kenaikan isa almasih…

    Aku : this means ascension day Pak. ( sambil tunjuk kenaikan isa almasih)
    Boss : diieemm… Dia bingung sambil hah hohh..

    Matilaahh kalo dia ga ngerti.. Akhirnya dia nunjuk ke isra miraj.. Setelah mikir keras cari arti se simple mungkin yang masuk nalar dia ( info lagi, boss ku itu atheis)

    Aku : ok pak.. Isra miraj is muslim’s holy day. Isra miraj was prophet Muhammad’s journey to the heaven.

    Boss : haahhh? How do u know? Then he came back to earth?

    Aku : yes pak. ( si boss makin bingung)

    Boss : how about this? (masih yang ascension day)

    Aku : jesus christ’s journey to the heaven.

    Si boss tambah bingung, tiba2 dia tanya

    Boss : and.. Who call them to the heaven? (sambil tangannya gaya nelfon)

    Aku : yaa God laahh pak.. (ga boleh ngeluh)

  9. Hai Bang. Senang banget karena #NoComplaintWeek diadain lagi. Seruuu.. Hehehe.. Hari pertama berjalan sangat lancar padahal sedari semalem udah ga yakin akan ikutan. Karena biasanya Senin itu banyak banget godaannya. Eh tapi ternyataaa…dari pagi sampe sore lancaaar banget.. Makan siang lauknya basi,eh ga sempet ngeluh udah dikasih lauk pengganti dr temen. Diteriakin sm pengendara motor yg naik ke trotoar karena katanya ngehalangin jalannya dia, dan pas baru mau marah, eh udah ada orang lain yg neriakin si pemotor ga bertanggung jawab itu. Pokoknya semesta mendukung. Hihihiii… Hari ini baru gagal setelah jam 18.30. Datanglah telepon dr klien tercintah yg ganti materi dengan brief yg cukup ngebingungin. Jadi agak ngomel juga.. Hmm..harus lebih bersyukur mestinya, kan yg penting masih punya pekerjaan dan masih ada klien yg mau ngasih project yah bang.. Hehehe.. Yaaah mudah2an besok bisa lancar tanpa hambatan juga yah bang. Amin.. πŸ™‚

  10. Day 1: #NoComplaintWeek… *lap keringet-peres-lap lagi* Wuih, susyah ya ga complain kalau mulut udh biasa complain. Tapi coba deh step by step. Pagi ini dimulai dengan tas yg nyangkut di bajaj… Aaah..sobek pulak..kesel banget sama diri sendiri, ketika mau mengeluh, mengingatkan diri sendiri, eh no need to complain, sobeknya cuma bagian luar, masih ada furingnya dan kalau diangkat keatas, masih keliatan nempel2 gimana gitu. Masih bisa dipake kok. *fiuh* Mengambil segala sesuatu didalam kepositif-an.. Eh di skul ketika ngajar, ngajarnya relax, ga marah2… *jiaaah ketauan, gurunya suka marah2..anaknya siapa dikelas saya hayooo??* Besok, so pasti coba lagi! Semoga #NoComplainWeek bisa jadi personal goal..diperpanjang jadi No Complain Month maybe? πŸ˜€ Let’s give it a try!

  11. #NoComplaintWeek day-1.

    Secara gak sadar hari ini menemukan bukti bahwa niat yg baik akan memberikan hasil yg baik. Dari kemaren udah jiper duluan sebenernya untuk ikutan program ini. Soalnya saya termasuk tipe orang yg grumpy dan tukang compalint πŸ˜€

    Ternyataaa… Jreng jreng… Saya bisa lho nggak ngeluh! :))
    Malah, saya jadi makin sadar kalo Tuhan itu udah baik banget sama saya.
    Saya diberkahi dengan badan yg sehat, pekerjaan yg menarik, and last but not least, pacar yg menyenangkan.

    So,,,masih pantaskah saya untuk mengeluh? ;))

    PS: dear universe,,, it’s just a statement ya. I don’t have any intention to dare you. So please don’t take it as a challenge. No need to prove it otherwise. Thank you very much. :))

    — @JoyfulOlive —

  12. Hari pertama dari pagi udah banyak cobaan aja.. Terutama dari para pengendara motor yang gila2an di senin pagi. Tapi tadi berhasil kunci mulut, ga ngeluh sama sekali, pikir gw kan mereka juga perlu buru-buru nyampe kantor, bukan gw doang.
    Trus agak siangan gw sama temen gw setres ketiban banyak kerjaan, gw udah kaya orang gila aja ketawa2 ga jelas sambil ngerjainnya, yg penting ga ngeluh pokoknya, trus ujung2nya temen gw yg tadinya ngomel2 jadi ikutan ketawa juga. Ternyata bener yah, aura positif/negatif kita bisa nular ke sekitar πŸ˜€
    Sempet gagal tadi pas ada pembagian seragam di kantor, gara2 seragam gw kedodoran, sampe lebih mirip raincoat daripada kemeja. Itu spontan banget habis buka bungkusnya langsung ngomel “anjrit ga salah nih? gimana sih, kan udah diukur kemaren?” Habis itu langsung nyadar sih, kalo mau protes sebenernya ga harus dengan kalimat keluhan
    Cobaan terakhir: barusan ngecek twitter gebetan dan ternyata dia lagi flirting sama cewe lain, dalam hati udah mewek mewek sih, tapi yaa sudahlah… akhirnya cuma tarik nafas trus senyum doang.. Cuma gebetan ini, besok juga bisa cari lagi.. #eeaa

    Seru juga ya ternyata.. Besok coba lagi ah… πŸ˜€

  13. #NoComplaintWeek hari pertama ini sensasinya kaya jalanin hari pertama puasa di bulan ramadhan, hehe :p kaya serba hati2 gitu takut kelupaan buat ga ngeluh. Tp ujung2nya jebol juga gara2 terprovokasi salah satu twit di TL yg bikin mupeng,iri trus jd ngerajuk dan ngeluh :p. Tp paling ngga hari ini udh berhasil ga melakukan aksi ngeluh2 di twiter *kowawa *\(β€’Λ†βŒ£Λ† β€’)/* besok harus lebih oke lagi nih ngejalanin #NoComplaintWeek nya.

  14. ini sih #NoComplaintweek saya yg pertama.
    menghadapi hal-hal yang tidak menyenangkan setiap hari sih bagi saya sudah biasa, yang tidak biasa adalah ketika kita menghadapi semua itu tanpa keluhan sedikit pun.

    dan begitu semalem liat twitnya om Piring, saya langsung YES! mau ikut.
    haha..tentu saja senin pagi adalah pagi yang penuh dgn keluhan, dimulai dari rumah sampe tempat kerja, pasti ada saja cobaan.

    yang seru adalah..ketika saya membagi tantangan ini kepada murid-murid saya (yang masih SD).
    tentu saja saya nggak bisa kontrol mereka 100%, tp setidaknya, sehari ini mereka berhasil menjalankan tantangan saya..yaa walaupun dgn embel2 hadiah.
    semoga tantangan ini nggak hanya berlangsung seminggu ya Om..
    terima kasih sudah menginspirasi banyak orang. πŸ™‚

  15. newbie testimonial, #NoComplaintWeek Day 1:
    so far so good, today was a hectic day gara2 bangun kesiangan dan banyak kerjaan, tapi positifnya jadi lupa ngeluh *soalnya banyakan paniknya :))))*. Tadi pagi keburu2 ke kantor karena ditelpon ama disms sekertaris big boss disuruh meeting pagi mendadak, malah kejebak macet, udah hampir batal #NoComplaintWeek-nya, untung segera sadar dan bertobat, complainnya di dalam hati doang, biar ga complain digantii nyanyi2 di atas bajaj sambil ngliatin orang di jalanan, pretty interesting πŸ˜€ πŸ˜€
    So lesson learned: keep yourself busy, thus you’ll less likely to complaint *kalo kasus saya, bisa dengan panik ato kalo udah kepengen banget complain ganti nyanyi2 aja-yang smoga ga bikin org lain complain karena suara yg gagal falset malah jadinya fals abis :p*. And you know what, i think the universe conspires to support my commitment, jarang2 boss ngijinin sayah buat absen menginthili beliau rapat sama anggota dewan yang *katanya* terhormat *which most of the time makes me complain all way long :p*

    one day (soon to be) down, 6 more to go. and am on the right track!! tetap semangat semuaaaaa πŸ˜€ πŸ˜€

  16. #NoComplaintWeek #day1 langsung diuji pas bangun pagi, kena TENGENG (leher ga bisa nengok) akibat pas Minggu latihan Aikido kayaknya salah jatuh. Langsung teriak Aahhh… tapi sedetik kemudian mingkem nyadar gw kan ga boleh ngeluh.jadi cuma ambil nafas panjang. Kesabaran lebih diuji di kantor, sering kebablasan dan hilang kontrol, mulai mau banting telpon sampai ngomelin monitor.
    Tapi paling tidak hari pertama tahu titik dan kondisi kita dimana sering ngeluh.. Bismillah besok lebih baik. Semangat!!

  17. #NoComplaintWeek hari pertama dimulai sejaaak bangun tidur. Bangun kepagian dan gak bisa tidur lagi, apalagi klo inget ini hari senin, wiii rasanya udah pengen garuk-garuk tembok. Untungnya inget kalo lagi gak boleh komplen jadi meremin mata sebentar terus mandi dan langsung siap2 berangkat sekolah.

    Di jalan udah pasang mental banget klo klo macet. Eh bersyukur jalanan lancar dan dateng tepat waktu. Kayaknya dimudahin sama universe klo lagi gak boleh komplen. πŸ˜‰

    Di sekolaaaahh… ini nih biasanya yang jadi ujian berat hidup ini. Dealing with special needs kids. Bersyukur hari ini anak-anak lagi pada adem ayem jadi hati ini gak terlalu berat bebannya. Hihi.. Pas diskusi tentang acara Autism Awareness sama Head of HS pun terasa begitu lancar. Senangnya.. πŸ™‚

    Nah, ujian di mulai ketika lagi belajar sama anak korea. Sebenernya menyenangkan. Tapi ni anak rasa ingin tahu nya besar banget sampe ke hal personal. Dan klo dia gak dapet jawabannya dia bakalan ngambek ngediemin gue gak mau belajar tapi gak ngebolehin gue jauh-jauh dari dia juga. Rasanya udah mau ngapa2in dia aja kan ya serasa hati udah panas kayak air ceret gini.. Untungnya di muka sama gesture cenderung kalem. Jadi kali ini nyaris gagal. πŸ˜‰

    Yang bikin gagal itu pas di jalan pulang nungguin kopaja yg gak lewat2. Keluarlah omongan, “Duh lama banget sih”. Dan sesaat itulah baru sadar klo gueeee…..kli pertahanan gue seharian iniiiiiii….gagaaaaallll… πŸ˜₯

  18. Hari ini coba ikutan #NoComplaintWeek.. Pasang status itu di bebrapa tempat, malah diledek ‘cieee lagi gak mau dikomplen ya..’ πŸ˜€ (btw, gue kerja di IT yg kadang jadi tempat komplenan user).. Heheheh..

    Tapi memang pengaruh loh, kita bisa tentuin sikap atas kejadian yang menimpa kita.. Walopun, kadang nyadarnya telat.. Mudah2an besok lebih baik & bisa menghindari mengeluh tentang hal-hal sepele.. πŸ™‚

  19. Hari pertama #NoComplaintWeek ga dikira2 berjalan lancar :). Kebetulan gw lg ngambil S2, berhubung terakhir kuliah udah 5 taun yang lalu, mulai susah nangkep pelajaran pas kuliah -____-” *efek umur kali yak* dan hari ini dosennya ngantuk bgt ngajarnya. Biasanya bakal ngomel2 ato nyampah keluhan di twitter, berhubung lg puasa akhirnya dinikmati aja sambil ngopi sambil dengerin dosen di depan :D. Yeay, ternyata klo kita niat kita bisa :))

  20. Hanya menjadi pengamat pada #NoComplaintWeek Season 1, season 2 ini jadi pengen ikutan.
    Hari pertama ini diganggu sisa kekesalan semalam dengan suami.
    Aku memilih diam saja, tanpa sepatah kata daripada nambah kesal. Siapin baju kerja suami dan sarapan seperti biasa. Tapi silahkan nikmati sendiri aku kabur ngantar anak sekolah. πŸ™‚
    Mengurangi omelan khas emak2 pada anaknya dengan memaklumi.

    Hari ini, untukku: Silent is golden.

  21. Ini #NoComplaintWeek gue yang keempat, dulu yg pertama gegara project om piring juga, trus nambah2 sendiri 2x. Sekarang ikutan lagi πŸ˜€
    Cobaan terberat hari ini adalah tiba2 disuruh ngawasin ujian tulis koas sore2 padahal harusnya bisa pulang. Nah, pas ujian, ternyata ada koas yang gelisah celingak-celinguk, lirak-lirik kanan kiri belakang depan atas bawah, yang ternyata pengen nyontek. Karena upaya memberikan tatapan dan picingan mata tajam selama 30 menit tidak membuahkan hasil (alias dia ga berasa), akhirnya gue cuma bisa bilang ‘Kerjanya yang jujur yaa, jangan nyontek’ ke seluruh kelas tanpa nunjuk ke koas itu. PERTANYAANNYA: ITU BARUSAN KOMPLEN BUKAAN??? (Λ™β–ΏΛ™?)

  22. First day in #NoComplaintWeek project
    Sejak bangun subuh udah diniatiin banget-damai..damai..damai, smua berjalan lancar. Mungkin ini kolaborasi dgn teori the secret juga, sepanjang jalan ke kantor 4x traffic light-selalu ketemu lampu hijau. Yess!! Mulai gerimis n akhirnya hujan deras, gak ngeluh. Malah membatin-untung kmrn gak cuci mobil πŸ˜€
    Di kantor lancar, senin jadi semangat (gak biasanya) ketawa ketiwi, kerjaan lancar, mendadak ada yg narik pinjaman. Alhamdulillah growth nambah deh hari ini. Itungannya sih udah achieve lah bulan ini. Yess Yess!! Dan godaan mulai muncul saat diskusi ma Bos. Tepat pukul 1 siang, tanpa sadar ….”Duh, Koko komunikasinya koq gitu” TET TOOT!!! Tapi langsung sadar trus dinetralisir “Oh ya sudah, nanti saya omongin dengan Debiturnya” Hehe itu masuk kategori minor kaann? Akhirnya lanjut lagi. Sore ampe pulang kantor…damai. Macet sih tapi nyetir jd lebih sabar πŸ˜‰ Pengen cepet tidur, spy gak ketemu godaan lagi. Smoga kuat lanjut project #NoComplaintWeek 6 hari ke depaaan. Yuhhhuuu πŸ˜€

  23. #nocomplaintweek gw hari ini adalah dimulai dari bangun pagi-pagi banget yang assllii sebenrnya maless kerja, secara cuma libur 1 hari (sabtu dapet jatah MOD) tapi bersyukur aja masih bisa kerja and liat anak gw di samping gw yang bikin semangat… ❀ my baby G..

    Jalanan emang gak terlalu macet pagi ini, so no godaan untuk complain hehehhhe..

    Masuk kerja, baru sampai dapet informasi dari anak buah minta ijin gak masuk karena sakit, ampe 2 orang pula.. Hmm maunya sih BT, tp y cuma menghela nafas aja dan berdoa everything will running well..

    So far gak terlalu banyak masalah dan bisa ditanganin kerjaan.. Hanyaaa sajaaaa.. Rasaaa kesall dan mau maraahh timbul sore hari disaat, gw yang niat ngebantu orang , malah diremehin sama yang dibantui.. Pfffhhhhh.. Sempet ngomel2 sendiri..

    Tapi begitu dlm perjalanan pulang gw baca TL #nocomplaintweek dan tulisan di atas, jadilah senyum2 sendiri..

    Bener juga ngapain jadi complain dan cemberut yang cuma bikin muka berkerut hhehehehhe..

  24. kejadian #NoComplaintWeek hari pertama:
    1. Judul2 skripsi yang saya buat n pelajari selama sebulan ditolak Dosen Pembimbing. tapi untungnya beliau ngasih solusi yang lebih baik. moga di pertemuan selanjutnya skripsi sudah di acc.. πŸ˜€

    2. barusan mau berangkat kursus ban belakang motor tiba2 bocor! ini apa-apaan, padahal seharian dipake gak masalah tuh! tapi setelah dipikir-pikir hari ini mbolos aja deh, lagi males juga sih.. :p

    pelajaran #NoComplaintWeek hari ini: cobalah selalu melihat sisi positif dari kejadian2 buruk yang menimpamu.. haha

  25. Halo om! Aku #NoComplaintWeek nya pas lagi UAS nih, susah banget untuk ga ngeluh! (Loh ini udah mau ngeluh ups tahan!)
    Untung aku ngajak temen untuk barengan tahan ga ngeluh jadi pas salah satu dari kita udah mulai ngeluh ‘aduh capek’ atau ‘ih apaan sih si itu nyebelin banget!’ kita pasti langsung saling ngingetin dan malah jadi ketawa ngakak kenceng banget sampe kesel yang mau dikeluhin ilang! Seru banget ternyata kalo barengan temen πŸ˜€
    Om doakan aku ya biar UASnya lancar tapi masih sempet buka internet buat share #NoComplaintWeek (sekalian kabur belajar bentar hehehe)

  26. Hahaha kerasa banget bedanya, om. Jadi ga ngerasa capek. Hmm apa ya, ngerasa lebih menikmati hari aja sih. Dibikin sebulan sih boleh loh :)))

  27. Hari pertama ini… alhamdulillah lancar. Karena udah kebiasaan kali ya. Dari dulu memang gak suka dengan orang yang suka ngeluh, makanya dari diri sendiri mencoba untuk gak mengeluh. Kalau pun mengeluh, sebisa mungkin disamarkan dalam bentuk bukan keluhan. *digetok* Hehehehe…

    Project-nya keren om Piring! πŸ˜€

  28. Kebetulan bgt om, tadi pas lagi ada sesi ‘curcol’ sama salah seorang dosen yg ngajar -_-” temen2 pada cerita tentang tugas dari dia yg memang agak mepet dan ribet dll gitu. Saya tadinya mau ikutan ngeluh ke beliau cuman keinget ikut ini jadinya gak jadi deh haha untungnya ujung2nya dosennya mihak kita :p jadinya saya gak ikut ngeluh tapi tugas yg tadinya ribet eh jadi dipermudah :))

  29. Di hari pertama ini cuma bisa banyak2 istighfar dan menghela nafas… Godaan-nya buanyak bgt tapi tetap harus semangat. Lanjut sampe hari terakhir! ^^

  30. #nocomplaintweek day 1:
    everything went well until………
    i raise my middle finger for my colleague
    (behind his back).
    mwahahahha…
    so, am i failed?

  31. tantangan terbesar hari ini adalah: suka lupa kalau lagi #NoComplaintWeek haha. sisanya udah kutulis di blog hehe πŸ˜‰ tapi so far menyenangkan walaupun hari pertama bukan awal yg baik, hiks

  32. *inget-inget*,,, komplain karena bb yang pending lama banget, solusinya kl keliatan urgent, telp aja langsung,.. so far so good, tapi harus diingetin nie, taruh noted di laptop dan calender di hp,, hahahaha,dan diatas meja kantor saya ada kaca yang notabene saat lagi “mukanya” tak sadarkan diri mengkerut mengotak-atik kerjaan , lirik kanan dan cusss BYE untuk muka mengkerutnya (efektif ga sih?),,..

  33. Well, tadi pagi cobaan pertama dateng dari…..PLN!

    Ga ada angin ga ada ujan, tau2 mati lampu aja gitu di daerah rumah gue. Mana kejadiannya sekitar jam setengah 8 pagi, pas jadwal gue nyetrika baju buat ngantor hari ini.

    Sebenernya pas hari minggu kemaren gue udah nyiapin baju buat ngantor hari ini sih, jadi gue ga terlalu sebel banget pas mati lampu tadi. Cuma yang belum gue setrika adalah jilbab. Secara bahan jilbab itu kan gampang kusut, jadi gue biasa nyetrika jilbab ya pas mau dipake aja. Dan berhubung mati lampu, terpaksa pake jilbab yg model pashmina, yg bahannya anti setrika. =D

    Cobaan kedua apa ya…?

    Sampai saat ini blm ada kejadian yg bikin mood gue drop sih…

    Apalagi pas tadi gue ngajuin cuti 3 hari dan di approve aja donk sama si boss.. Hehehe… Jadi, belum ada alasan buat nge-bete di kantor :p

  34. Ikutan ah Om,
    Hbs sakit, jadi hari Sabtu-Minggu kebanyakan menghabiskan waktu di Rmh.
    Hari Senin, bangun pagi, melakukan ritual biasa, sampai akhirnya ke meja makan, hehehe gak ada lauk baru, tp masih ada makanan lain yg bisa dimakan, alhamdulillah masih ada yg bisa dimakan (masak aja gak pernah, mau komplain, malu dongg)
    Ke kantor, seperti biasa nebeng motor adik ipar. Walau naik motor dan lewat jalan kecil tetep aja sekarang gak bisa cepet. Jalan kecil jg skrg byk yg ngelewatin, jd udah rame juga hikss, tp tetap seneng aja, wong tinggal duduk gak cape nyetir.
    Sampai kantor, baru ngeh bos mau tugas keluar kota, jd alamat minggu ini extra kerja keras lagi. Harus ngitung2 budget spy di setujui bos sblm doi pergi *mikir dan ke ucap* Males banget bosen!!! Yak…gagal deh, komplain juga hari ini. Untungnya pas makan siang baca blog nya om Piring, semoga seterusnya lbh byk bersyukur dibanding komplain. Semoga!

  35. tadi kelepasan curhat sama temen kantor, “si itu (nama bos) pagi-pagi udah rempong”.

    bang mau tanya,

    kalo ekspresi kesel itu termasuk complaint juga ga?

    kalo iya i’m def failed nih. πŸ™‚ tetap senyum, karena masih ada 6 hari berikutnya πŸ™‚ πŸ™‚

  36. Hari ini adalah my first time Ε‹ first day ikutan #NoComplaintWeek, tapi syukurlah ΤƒΗ»Ζ¦Γ¬ pagi sampai tengah hari ini belum Ξ±Ο‘ΗŸ hal2 berarti untuk dikeluhkan. Maklum sebagai ibu2 muda yang juga bekerja hari Senin tuh biasanya hari paling terburu-buru dan itu yang bikin banyak hal untuk dikeluhkan, ΤƒΗ»Ζ¦Γ¬ sibuk nyiapin sarapan pagi anak2, ngantar mereka sekolah trus berangkat bekerja syukurlah… hari ini semua lancar car …cuman tadi sempet tuh gagal sedikit ndak apa2 kan namanya juga belajar, gara2 nglewati jalan yang berlubang2 sempet ngeluh dikit tapi akhirnya inget untuk ƍÀќ lanjut panjang lebar ngeluhnya, bersyukur bisa naik kendaraan meski lewat jalan rusak, masih banyak loh orang yang mesti berpanas2 jalan kaki. So hari masih panjang untuk dilewati guys, tetap semangat jalani hari ini tentunya tanpa mengeluh, God bless u, all

  37. Pagi tadi mengajukan surat komplain ke vendor, it’s a must soalnya dan semoga gak merusak my #NoComplaintWeek. Tadi pagi juga udah bersyukur banget krn dpt tidur sepanjang malam (yeaahh gw adlh breastfeeding mom, yg kalo malem siap2 dimintain ‘jatah’ sm anak),tiba2 nyokap dateng yg artinya gw bisa bebas masak pagi2 krn udah ada nyokap. Apalagi coba selain rasa syukur? Kepikiran suatu masalah waktu berangkat kantor, ehh bbrp masalah malahan, tiba2 sampai kantor satu masalah terselesaikan sebelum gw sempet curhat or whatever it is so called ‘pengen sharing’. Hidup yang indah di awal minggu ini, dan semoga seterusnya…amin

  38. Haloo.. Gw nyubi nih di perhelatan akbar nan menantang ini…memulai pagi dengan alunan morrissey (we hate it when our friends become successful). Hahaha..theme songnya kontradiksi sama niatan, yg ada jadi ngakak sendiri.. Gw rasa, itulah serunya bukan begitu? When you be able to turns something negative into something positive then you can treat your self a precious candybar…susah sih, tapi knapa harus dipikin susahnya duluan…

  39. Waaaaaaa.. Saya sampe lup kalo hari ini #NoComplaintWeek krn semua berlangsung smooth! Hmmmmm.. Hari ini menyenangkan. Jalanan macet spt biasa, antrian makan ngantri seperti biasa, dan saya mulei bs melihatnya sbg sesuatu yg tidak perlu dilebih-lebihkan. B i a s a :)) bkn bearti ati saya jd tumpul. Saya lg busaha aja πŸ˜€
    Yaaaay! Saya blm tau apa yg akan trjadi di sore dan malam hari, semoga msh bs dikendalikan!

  40. Tantangan terberat hari ini adalah jalanan surabaya yg tumben2an macet hahahaha tp tetep enjoy dooong masih untung bisa berangkat pake kendaraan sendiri walo macet tetep adem πŸ™‚ setujuu sama bang piring bahaya kampret kampret kecil mengintai :p

  41. Hi Bang,
    Gw niatin ikutan challenge nya seminggu ini. Semoga gw bisa gak pake ngeluh seminggu ini…

    So far ampe siang ini , seinget gw, gw masih baik-baik aja, belom complaint apa-apa. Bangun kepagian sejam , gak ngomel, malah bersyukur gak kesiangan… air kos kebetulan lancar, untung gak pernah ngalamin macet kalo mau ke kantor (wong cuma tinggal jalan kaki 5 menit nyampe.. hehhe) , dan cuaca gak panas jadi masih oke-oke aja.

    Nyampe kantor juga masih belom ngeluh apa-apa. Padahal udah ada beberapa email yang bisa bikin peluang gw buat ngeluh dan ngomel2. But entah kenapa, hari ini gw adepinnya dengan senyum-senyum aja..

    Semoga lancar jaya ah… Ngeluh doang kayanya gak menyelesaikan apa2… Yang ada malah bikin makin surem…

    Thank you, Bang !

  42. My first day of #NoComplaintWeek! Bangun tidur mau nonton TV, adik malah nonton DVD Barbie. Mau marah2, percuma jg. Akhirnya ikut nonton dgn pikiran “ga ada ruginya kembali jd ‘cewek’ sebentar”. Tenyata filmnya lumayan menarik. πŸ™‚
    Kepo TL pacar, sedikit kesal krn doi TP banget sm cewek lain. Tapi gue anggap dia cm ingin nambah teman. Dan dengan sedikit senyuman, mood gue tetap baik.
    Ada beberapa hal lain yg jd ‘tantangan’ buat gue dalam mengelola waktu. Biasanya gue ngeluh, tapi sekarang tantangan itu akan gue lewati dgn semangat dan senyum, tanpa keluhan. πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s