Apa sih “No Complaint Week”?

Apaan sih “No Complaint Week”?

Sederhananya, ini adalah personal project, dan definisinya sederhana: “Selama seminggu, saya akan komitmen untuk TIDAK MENGELUH tentang apapun”.

Beberapa tahun yang lalu saya sudah pernah melakukan ini, kalau tidak salah di 2009. Ini bukan ide orisinil saya, tapi terinspirasi oleh sebuah episode di Oprah. Ada sebuah gereja kecil di Amerika di mana pendetanya sudah capek mendengar orang-orang yang sering komplain, dan dia membuat sebuah gelang karetΒ  “Complaint Free World”. Caranya adalah, dengan memakai gelang itu kita berjanji untuk tidak mengeluh selama 21 HARI (yep!) – dan kalau kita “batal” karena mengeluh, gelang itu dipindah di tangan yang satunya lagi dan hitungan kembali dimulai dari 21 hari. Sadis ya? (untuk jelasnya ke http://www.acomplaintfreeworld.org)

Tentunya saya tidak akan kuat tidak mengeluh selama 21 hari. Tapi dulu saya pernah mencoba selama SEMINGGU.

Awalnya iseng untuk mengetes diri. Memang berat, tapi BUKAN mustahil ternyata. Tentunya saya tidak benar-benar full tidak mengeluh selama seminggu, ada kasus-kasus “kebobolan”. Tapi yang penting, kita jadi semakin “conscious”/sadar ketika akan atau baru saja mengeluh. Dan kesadaran ini bagi saya sudah terapi yang bagus.

Mengeluh itu ada banyak macamnya. Dari yang niat, sampai ditulis di FB atau Twitter, diucapkan ke orang lain, diucapkan ke diri sendiri, sampai yang dicetuskan dalam hati. Proyek “NoComplaintWeek” ini diusahakan untuk SEMUA level mengeluh yang tadi. Bahkan ketika mulai mengeluh dalam hati, bisakah kita memaksa tidak memikirkan itu? Susah banget – tapi dengan pengalaman saya waktu itu bisa kok πŸ™‚

Akhir-akhir ini saya merasakan cepat sekali mengeluh. Dari mengeluh soal macet di jalanan raya Jakarta keparat (eh, masih boleh ngeluh di post ini, kan belum mulai, wek! :p), urusan kerjaan (client yang demanding, kolega yang nyebelin, dll), urusan keluarga, sampai urusan cuaca. Hari ini pas hari Minggu, saya terpikir mau memulai lagi 7 hari tanpa mengeluh mulai Seninbesok, 14 Februari 2011.

Kenapa? Pertama, anggap saja ini ‘detok batin’ – mengeluh itu melelahkan, baik untuk diri sendiri, maupun orang-lain jika terdengar. Kedua, ini merupakan ‘latihan mental’. Waktu dulu saya melakukan ini, ada dua hal yang saya sadari. Pertama, saya menjadi “sadar” betapa seringnya saya mengeluh. Kedua, saya menyadari bahwa saya MAMPU untuk tidak mengeluh – bahkan dalam pikiran sekalipun! Bangga lho ketika sadar bahwa kita mampu untuk tidak ngomel dalam hati.

Kenapa saya membuat blog ini? Karena tidak sengaja ketika iseng ngetwit soal ide ini, beberapa follower menyambut antusias dan menyatakan niatnya untuk bergabung. Saya pikir, lucu juga untuk membuat open journal perjalanan 7 hari ini, di mana siapa saja yang mau ikutan bisa berbagi pengalaman – baik sukses maupun gagal. Karena selama 7 hari ini tidak masalah jika kita sempat mengeluh, yang penting sadar dan mencoba lagi!

Yuk kalau mau bergabung, mulai Senin 14 Februari 2011. Di setiap akhir hari, saya akan membuat entry Hari Kesatu, Hari Kedua, dll – silahkan share komen dan kisah2nya ya. HANYA 7 HARI SAJA – sesudah itu silahkan kembali mengeluh seperti biasa πŸ˜€

Karena saya masih baru di WordPress, mohon maaf kalo agak gaptek ya!

Mari mencoba. Good luck people! πŸ˜€

@newsplatter

36 responses

  1. Pingback: Terapi No Complaint Week « agatanarita

  2. weewwwwww,,kalau saya mungkin lebih cocok kalau ‘minggu tanpa umpatan’, heu masalahnya saya termasuk tipe pengumpat daripada pengeluh. contohnya: kalo kerjaan lagi numpuk berat saya ga bilang cape tapi saya caci maki si pemberi tugas esp via twitter :P, kalo begitu kategori ngeluh dalam bentuk umpatan bukan ya?!heuuuu

  3. Pingback: #nocomplaintweek day 1 | ranumesha

  4. Sebenernya salah satu nu year’s resolutions gw adalah ingin mengurangi mengeluh biar jauh dr stress & bisa positive thinking trus. Tp prakteknya susah bgt, almost no day without complaining, hehe…so this project is a good reminder, I’ll definitely join this! Let’s start day 1 with big smile πŸ˜€

  5. Pingback: Tweets that mention Apa sih β€œNo Complaint Week”? Β« NoComplaintWeek -- Topsy.com

  6. Artinyaaaaaa mulai besok berangkat ke kantor setidaknya wajib 30 menit lebih cepat supaya gak misuh-misuh di jalan.. Hihihihihi.. Ikooot… Gue tulis di blog juga deh (kalo gak lupa) hehehehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s